29 Maret 2018

BELMAWA Gelar Sosialisasi PJJ & SPADA Indonesia di STKIP Muhammadiyah Sorong

Ketua STKIP Muhammadiyah Sorong saat membuka Sosialisasi PJJ & SPADA

STKIPMSorongNews | Sekolah Tinggi Keguruan dan Pendidikan Muhammadiyah (STKIP) Muhammadiyah Sorong diberikan amanah oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Dirjen Belmawa) Kementerian Riset Teknologi dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) sebagai tempat Sosialisasi Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) dan Hibah Sistem Pembelajaran Daring (SPADA) Indonesia yang bertujuan untuk menjamin terselenggaranya Pendidikan Tinggi bermutu merata untuk semua, Sasarannya meningkatkan akses Pendidikan Tinggi bermutu dengan sumberdaya minimum, meningkatkan mutu Pendidikan Tinggi yang ada dengan menggunakan SDM yang ada, yaitu dengan membuat strateginya Perguruan Tinggi bermutu membuka program studi kelas daring, Perguruan Tinggi bermutu menyediakan perkuliahan daring bagi Perguruan Tinggi lain,

Sosialisasi PJJ dan SPADA Indonesia ini dilaksanakan pada tanggal 29 Maret 2018 dan dibuka secara resmi oleh Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah XIV Papua dan Papua Barat dalam hal ini memberikan surat tugasnya kepada Ketua STKIP Muhammadiyah Sorong, Drs. Rustamadji, M.Si., dalam Sambutannya Ketua STKIP Muhammadiyah Sorong mengatakan bahwa begitu cepat perkembangan teknologi pendidikan di Negara Indonesia sehingga kita benar-benar harus mampu siap dan mampu untuk menjawab tantangan tersebut.

ini merupakan sebuah terobosan yang sangat bagus yang dilakukan oleh Dirjen Belmawa untuk menyiapkan sistem pembelajaran yang nantinya mampu menjawab kebutuhan zaman, karena kita tidak bisa berpaku pada satu sistem pembelajaran tetapi bagimana kita harus memberikan atau menciptakan sebua pembelajaran yang mampu dipakai pada zamannya”. Terang Rustamadji.

Dirjen Belmawa mengutus 2 (dua) orang yaitu Rahayu Dwi Riyanti, M.A. dan Bambang Dwi Wijanarko, M.Kom. sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut. Salah satu materi yang dipaparkan oleh Rahayu Dwi Riyanti, M.A. adalah menjelaskan mengenai Definisi PJJ ( Pendidikan Jarak Jauh) pembelajaran terencana, yang pembelajarannya terpisah dari pengajarnya sehingga memerlukan rancangan dan teknik pembelajaran khusus, berkomunikasi melalui berbagai teknologi, serta memerlukan organisasi dan administrasi khusus pula. PJJ adalah pendidikan yang peserta didiknya terpisah dari pendidik dan pembelajarannya menggunakan berbagai sumber belajar melalui teknologi informasi dan komunikasi, serta media lain. Sementara itu Bambang Dwi Wijanarko, M.Kom memaparkan tentang hibah SPADA Indensia yang nantinya akan ditawarkan bagi seluruh PTS yang ada di Indonesia.

Sosialisasi PJJ dan SPADA Indonesia ini diikuti oleh 200 orang yang berasal dari Perguruan Tinggi Swasta Se Papua dan Papua Barat. [ds].

Universitas pendidikan muhammadiyah, Muhammadiyah