24 Februari 2018

55 Dosen STKIP Muhammadiyah Sorong Ikuti Pembekalan Progam PPG

STKIPMSorongNews | Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Sorong merupakan satu diantara 45 Lembaga Pendidik Tenaga Kependidikan (LPTK) di Indonesia yang berhak menyelenggarakan Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) berdasarkan Surat Keputusan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) nomor: 280/M/KPT/2017 tanggal 26 September 2017 tentang Perguruan Tinggi Penyelenggara Program Pendidik Profesi Guru, sehingga Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) menganggap perlu dan penting untuk melaksanakan pembekalan bagi para penyelenggara program pendidikan profesi guru tersebut.

Tim Penyelenggara PPG dari Dirjen Belmawa Kemenristekdikti, dalam hal ini Kasi. Teknologi Pembelajaran Pendidikan Vokasi dan Profesi, Eni Susanti, S.T., M.Si., dalam sambutannya saat kegiatan Pembekalan program PPG di Kampus STKIP Muhammadiyah Sorong mengatakan bahwa, perlunya sebuah keseragaman dalam penyelenggaraan PPG ini karena program ini merupakan program pemerintah yang dituntut lulusannya mampu menjawab tantangan dunia pendidikan saat ini.

"…dan karena program PPG ini adalah program resmi dari pemerintah kemenristekdikti yang dimana lulusanya harus memenuhi standar yang telah ditentukan, maka perguruan tinggi - perguruan tingi yang telah diberikan amanah tersebut harus diberikan pembekalan yang cukup agar nantinya ada keseragaman baik dalam pelaksanaan maupun hasil yang akan dicapai." Jelas Eni Susanti.

Ditambahkan juga oleh dirinya bahwa program PPG ini akan menjadi gerbang akhir kompetensi untuk mencetak seorang yang profesional di Indonesia, jadi diharapkan lulusan PPG dari Perguruan satu dan Perguruan Tinggi yang lainnya maka hasilnyapun harus sama seperti yang telah distandarkan, sama dalam hal ini adalah sama secara standar dengan melihat kearifan lokal di masing-masing daearah, dan sebagai informasi awal bahwa pendaftar penerimaan mahasiswa PPG direncanakan akan dibuka secara online pada awal maret 2018.

Pembekalan Penyelenggara Program PPG di STKIP Muhammadiyah Sorong dibuka secara resmi oleh Ketua STKIP Muhammadiyah Sorong, Drs. Rustamadji, M.Si., dalam sambutannya bahwa secara kelembagaan STKIP Muhammadiyah Sorong sangat siap untuk melaksanakan program PPG ini baik PPG Pra Jabatan maupun PPG Dalam Jabatan sesuai dengan standar-standar yang telah ditentukan oleh Dirjen Belmawa Kemenristekdikti, termasuk sarana dan prasarana penunjang diantaranya rusunawa mahasiswa dan Labschool telah disiapkan oleh STKIP Muhammadiyah Sorong untuk program PPG ini.

Pelaksanaan Pembekalan program PPG di STKIP Muhammadiyah Sorong ini dilaksanakan selama 2 hari, 24-25 Februari 2018 (red)., dan diikuti oleh para ketua Program Studi dan para dosen sebanyak 50 orang. Adapun pematerinya kegiatan tersebut adalah Eni Susanti, S.T., M.Si., sebagai Tim penyelengara PPG dari Belmawa dan Dr. Wagiran, M.Pd. sebagai Tim expert dari Belmawa Kemenristekdikti. [ds].

Stkipmuhsorong, Baa, Universitas pendidikan muhammadiyah, Muhammadiyah