22 Februari 2018

Mahasiswa STKIP Muhammadiyah Sorong Mendapat Beasiswa Penuh dari PT Pertamina Persero

Ketua STKIP M Sorong bersama GM PT Pertamini Persero RU VII Kasim

STKIPMSorongNews | Pendidikan yang memadai merupakan fondasi dasar untuk mencapai cita-cita dan harapan yang diimpikan, oleh karenanya PT. Pertamina Persero Refinery Unit VII Kasim-Sorong sebagai perusahaan yang beroperasi di wilayah ditrik Seget Kabupaten Sorong, tepatnya di Kampung Klayas, memberikan perhatian terhadap 8n pelajar Sekolah Menengah Atas dan 3 mahasiswa dari STKIP Muhammadiyah Sorong melalui penyerahan beasiswa program Corporate Social Responsibility  (CSR) PT Pertamina, Rabu, 21/2/2018 kemarin (red).

General manager PT Pertamina Persero RU VII Kasim, Joko Pranoto mengatakan, beasiswa yang diserahkan merupakan bagian dari program Corporate Social Responsibility  (CSR) dari PT Pertamina, sehingga akan memberikan kepastian bagi para siswa maupun mahasiswa yang tepat berada di range I perusahaan dalam menyelesaikan studi, oleh sebab itu orang tua, guru, dosen, dan dan semua elemen masyarakat harus turut mengawasi pelajar dan mahasiswa penerima beasiswa agar tetap melanjutkan pendidikannya, mengingat beasiswa yang diberikan telah dianggarkan hingga selesai masa studi yang dimulai saat penerimaan beasiswa perdana dimaksud.

“kenapa kita berikan bantuan beasiswa, karena kita mau anak-anak sebagai generasi bangsa yang ada di wilayah ini bisa sekolah sampai lulus, sehingga mereka bisa menggapai cita-citanya yang lebih baik untuk membangun wilayah ini dan papua pada umumnya, karena bagi kami pendidikan ini memang yang utama sebagai salah satu upaya untuk mensejahterakan masyarakat menjadi yang lebih sejahtera adalah melalui pendidikan yang cukup. Kemudian kenapa juga yang dipilih mahasiswa, karena memang di Indonesia sudah ada program Indonesia Cerdas, sehingga dari jenjang SD-SMA sudah ditanggung oleh Negara, sehingga ide awalnya adalah khsusus bagi yang kuliah saja, karena hingga saat ini belum ada yang ditanggung oleh Negara”, ungkap Joko.

Sementara itu Ketua STKIP Muhammadiyah Sorong, Drs. Rustamadji, M.Si., mengatakan, selama ini generasi-generasi papua ini semangat untuk menempuh di perguruan tinggi sangat besar, namun terkadang terkendala terhadap biaya pendidikan, hal tersebut sangat berpengaruh terhadap kelancaran pendidikan, oleh karenanya melalui beasiswa yang diberikan oleh PT Pertamina ini akan menumbuhkan semangat untuk menempuh pendidikan hingga tuntas.

“….dan investasi terbaik itu adalah investasi di bidang pendidikan, umumnya anak-anak putra daerah ini dari sisi semangat itu ada dan sangat tinggi, namun kendalanya itu justru ada di sini (keuangan), jadi kalau kami cek di biro keuangan kampus memang sebagian besar mereka terkendala, sehingga ini merupakan suatu trobosan yang saya anggap luar biasa dan kami memberikan apresiasi, apalagi program ini akan diberikan sampai selesai kuliah, sehingga kita bisa memberikan jaminan bahwa dengan adanya beasiswa ini nanti memang mereka akan kita awasi hingga sampai tuntas studinya”. Jelas Rustamadji.

Dirinya juga menambahkan bahwa STKIP Muhammadiyah Sorong telah berdiskusi dengan GM PT Pertamini RU VII Kasim, yang dibahas adalah antara lain tentang rencana MoU untuk menjalin kemitraan di berbagai bidang seperti, pendidikan Literasi, pengembangan PAUD, Pemberdayaan masyarakat tentang cara hidup sehat, pertanian dan banyak lagi program lainnya yang bisa disinergikan. Dalam kesempatan itu juga Ketua STKIP Muhammadiyah Sorong telah sepakat kerjasama dengan Kepala SMA Negeri Seget agar alumnunya bisa masuk ke kampus Biru, terutana untuk program studi – program studi baru seperti Teknik, Hukum, dan yang lainnya yang akan dibuka oleh STKIP Muhammadiyah Sorong. [ds]  

Mpm muhammadiyah, Universitas pendidikan muhammadiyah, Stkip m sorong cup, Baa, Stkipmuhsorongmitraunicef