31 Januari 2018

Masjid Kampus STKIP Muhammadiyah Sorong Gelar Shalat Gerhana Bulan

Ust. Ambotang, Lc., saat khotbah shalat sunah Gerhana Bulan

STKIPMSorongNews | Ratusan Sivitas dan Warga sekitar Kampus STKIP Muhammadiyah Sorong datangi masjid Kampus “Salman Alfarisi” STKIP Muhammadiyah Sorong, Rabu, 31/1/2018 kemarin (red).

Sebelum pelaksanaan shalat Sunah 2 rakaat tersebut, Ketua STKIP Muhamamdiyah Sorong, Drs. Rustamajadi, M.Si., menyampaikan beberapa kalimat diantaranya dirinya mengingatkan kembali tentang tata cara shalat gerhana dan juga mengingatkan kepada kita bahwa generasi kita saat ini termasuk generasi yang dikarunia oleh Alloh swt untuk dapat menyaksikan serta beramal sholeh pada waktu gerhana bulan ini, karena gerhana bulan seperti saat ini telah terjadi 158 tahun silam dan akan terjadi gerhana yang sama 158 tahun lagi.

Shalat sunah gerhana bulan dipimpin langsung Imam tetap Masjid Kampus “Salman Alfarisi” STKIP Muhammadiyah Sorong, Ust. Harun Al Rasyid., dan yang bertindak sebagai khatib Ust. Ambotang, Lc. Dosen Ma’had Bilal bin Rabbah STKIP Muhammadiyah Sorong, dalam isi khotbahnya dirinya mengajak kepada diri pribadi dan semua Jemaah yang hadir pada sholat tersebut bahwa untuk senantiasa bersyukur kepada Alloh swt., karena kita semua masih diberikan karunia untuk menyaksikan tanda-tanda kauniyah Alloh swt yang diperlihatkan melalui gerhana bulan pada malam itu, sehingga dengan adanya tanda-tanda kebesaran Alloh swt ini agar dapat dijadikan kesempatan untuk kita semakin “takut” kepada Alloh swt, dan dengan rasa takut tersebut kita dapat terus mempertebal  keimanan kita kepada sang pemberi kehidupan di alam semesta ini. Dosen Ma’had Bilal bin Rabbah tersebut juga mengingatkan kepada semua jamaahnya, jangan sampai adanya tanda-tanda kebesaran Alloh swt ini justru kita terjebak dengan hal-hal mistis sehingga justru akan mengikis keimanan kita kepada Alloh swt.

Sementara itu menurut Takmir Masjid Salman Alfarisi, Budi Santoso, M.Pd., mengatakan bahwa pelaksanaan shalat gerhana bulan di masjid kampus “Salman Alfarisi” STKIP Muhamadiyah Sorong telah dimulai dari Ba’da shalat Isya sekitar pukul 21:00 waktu Indonesia Timur dan selepas sholat sunah gerhana para jamaah juga melakukan amal dengan menyisihkan sebagian rizkinya, dan Ta’mir Masjid Kampus “Salman Alfarisi” STKIP Muhammadiyah Sorong juga menyediakan minuman dan makanan ringan untuk para jamaah. [ds].

Muhammadiyah