18 Januari 2018

STKIP Muhammadiyah Sorong Lolos Seleksi PDP Terbanyak bagi PTS di Kawasan Timur Indonesia

Ketua LP3M STKIP Muh Sorong bersama Koordinator Kopertis XIV

STKIPMSorongNews | Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) semakin bersinar dari masa ke masa, terbukti belakangan ini begitu pesat capaian prestasi yang diraih oleh Perguruan Tinggi Muhammadiyah dalam bidang Pendidikan, Penelitian, Pengabdian pada masyarakat maupun dalam Al Islam dan Kemuhammadiyah baik nasional maupun internasional.

STKIP Muhammadiyah Sorong adalah salah satu Perguruan Tinggi Muhammadiyah di kawasan timur Indonesia, walaupun baru seumur jagung namun berbagai prestasi sudah banyak yang disabetnya. Pada awal tahun 2018 ini, STKIP Muhammadiyah Sorong yang sering disebut Kampus biru ini telah menunjukkan trend dalam hal bidang penelitian dan pengabdian pada masyarakat, hal yang sangat signifikan adalah kelolosan seleksi pendanaan Penelitian Dosen Pemula (PDP) sesuai surat Direktur Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat Kemenristekdikti nomor 0045/E3/LL/2018 tanggal 16 Januari 2018, seperti disampaikan oleh Ketua Lembaga Pengembangan Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LP3M) STKIP Muhammadiyah Sorong, Anang Triyoso, M.Pd., selepas istirahat siang di food court kampus biru, Selasa, 16/1/2018 kemarin (red), mengatakan bahwa penelitian yang lolos seleksi dan pada tahun 2018 ini jumlahnya semakin meningkat, hal ini menunjukan bahwa atmosfir penelitian di kampus STKIP Muhammadiyah Sorong semakin terasa dan semakin berkualitas.

“...dan jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, pencapaian kuantitas PDP meningkat dua kalinya, hal ini membuktikan bahwa dosen-dosen di STKIP Muhammadiyah Sorong semakin unggul dan berkualitas”. Terang Anang.

Dirinya juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada direktur direktur DRPM telah mensupport Penelitian Dosen Pemula di STKIP Muhammadiyah Sorong. Tentu hal ini menunjukkan perhatian yang sangat besar dari Pemerintah Pusat bagi pengembangan caturdharma di Tanah Papua.  

Penelitian Dosen Pemula (PDP) merupakan salah satu skema penelitian (hibah kompetitif nasional) yang diperuntukkan bagi dosen tetap untuk meningkatkan kemampuan meneliti dan menjadi sarana latihan bagi dosen pemula untuk mempublikasikan hasil penelitiannya dalam jurnal ilmiah baik nasional maupun nasional terakreditasi. Tujuan dari PDP ini adalah: 1). untuk membina dan meningkatkan kemampuan meneliti dosen pemula; 2). menjadi sarana latihan bagi dosen pemula untuk mempublikasikan hasil penelitiannya dalam jurnal ilmiah nasional; dan 3). menginisiasi penyusunan peta jalan penelitiannya.

Pada pendanaan tahun 2018, jumlah proposal PDP yang lolos seleksi berjumlah 14 proposal. Bagi PTS, jumlah ini termasuk terbanyak ke-2 setelah Universitas Muhammadiyah Sorong untuk wilayah Kopertis XII (Maluku dan Maluku Utara) dan Kopertis XIV (Papua dan Papua Barat).

Pengalaman tahun sebelumnya, STKIP Muhammadiyah Sorong telah memiliki kapasitas melaksanakan pengelolaan PDP ditandai dengan dimilikinya reviewer (pembahas) internal sendiri. Saat ini bagi PTS se-tanah Papua dan Maluku, baru STKIP Muhammadiyah Sorong yang memiliki reviewer (pembahas)  internal terdaftar di sistem informasi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (Simlitabmas). Demikian pula ketersediaan jurnal ilmiah bagi publikasi, dimana luaran wajib dari PDP ini adalah publikasi berupa satu artikel ilmiah minimal pada jurnal nasional. Luaran penelitian dari skema ini berupa laporan komprehensif yang terdiri dari laporan penelitian dan luaran wajib. Terdapat 3 jurnal ilmiah di STKIP Muhammadiyah Sorong yaitu Jurnal Pendidikan, Jurnal Bioleaning, dan Jurnal Interaction (LP3M) yang dapat dimanfaatkan bagi sarana publikasi ilmiah bagi dosen STKIP Muhammadiyah Sorong maupun PT lainnya. (ds/lp3m).

Mpm muhammadiyah, Universitas pendidikan muhammadiyah, Muhammadiyah, Stkipmuhsorong