28 November 2017

STKIP Muh. Sorong – Unicef: Dukung Program Parenting PAUD-HI di Raja Ampat

Peserta Lokakarya Parenting PAUD-HI Raja Ampat

Waisai-Raja Ampat | Program Kemitraan STKIP Muhammadiyah Sorong dan Unicef terus mendukung program pendidikan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Raja Ampat provinsi Papua Barat untuk mengembangkan Pendidikan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD-HI). Salah satu kegiatan lanjutannya setelah kampanye pendidikan PAUD adalah memberikan pelatihan kepada guru – guru PAUD kabupaten Raja Ampat tentang pendidikan orang tua siswa (parenting), karena orang tua dan keluarga sebagai unit sosial terkecil di masyarakat yang terbentuk atas dasar komitmen untuk mewujudkan fungsi keluarga khususnya fungsi sosial dan fungsi pendidikan, harus benar- benar dioptimalkan sebagai mitra lembaga PAUD.

Koordinator Program PAUD-HI program kemitraan STKIP Muhammadiyah Sorong dan Unicef, Doni Sudibyo, saat pembukaan Lokakarya Parenting bagi Bunda-bunda PAUD di kabupaten Raja Ampat pada hari Selasa, 28 November 2017 bertempat di TK St. Maria Regina Waisai-kabupaten Raja Ampat menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan rangkain kegiatan yang bertujuan untuk mendukung suksesnya program pengembangan PAUD-HI di kabupaten Raja Ampat.

secara khusus tujuan kegiatan ini pertama adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan orang tua dalam melaksanakan perawatan, pengasuhan, dan pendidikan anak di dalam keluarga sendiri dengan landasan dasar-dasar karakter yang baik, kemudian juga untuk mempertemukan kepentingan dan keinginan antara pihak keluarga dan pihak sekolah guna mensikronkan keduanya sehingga pendidikan karakter yang dikembangkan di lembaga PAUD dapat ditindak lanjuti di lingkungan keluarga, serta untuk menghubungkan antara program sekolah dengan program rumah”, terang doni.

Lokakarya Parenting bagi Guru PAUD kabupaten Raja Ampat dibuka secara resmi oleh Perwakilan dari Tim Unicef Tanah Papua, Asti Mulyana, dan dihadiri oleh 30 guru PAUD dari 10 PAUD intervensi program PAUD-HI, yaitu PAUD Getsamani Saporkren, PAUD M’kowedi, TK Bahari Kasih Waisai, TK Sumber Hikmat, TK St. Maria Regina, TK ‘Aisyiyah Waisai, RA Yappis Waisai, TK Alfa Omega Waisai, PAUD Kofarkor Waisai dan TK Kasih Ibu Waisai. Adapun para trainer untuk kegiatan ini adalah para trainer dari STKIP Muhammadiyah Sorong yaitu Christina P. Doni, Putri TB., Kuwatno, Medywati Magempa dan Sriyati. Kelima trainer tersebut mereka telah dilatih secara intens oleh Tim dari Unicef Jakarta, sehingga mereka telah mampu membagi ilmu-ilmu yang didapat. [ds]

Mpm muhammadiyah, Universitas pendidikan muhammadiyah, Baa, UnicefIndonesia