19 November 2017

Kemenristek-Dikti Nobatkan STKIP Muhammadiyah Sorong sebagai PT Terbaik di Papua

SENAT STKIP Muhammadiyah Sorong

STKIPMSorongNews | Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Sorong pada tahun 2017 ini dinobatkan sebagai Perguruan Tinggi Terbaik di Kawasan Timur Indonesia oleh Kemenristek-Dikti, seperti dilangsir oleh SangPencerah.id bahwa STKIP Muhammadiyah Sorong yang masih berusia relatif muda menjadi perguruan tinggi terbaik di tanah Papua, yang mencakup 61 perguruan tinggi negeri dan swasta di Provinsi Papua Barat dan Papua. Pengumuman sebagai perguruan tinggi dengan kualitas terbaik ini secara resmi diumumkan Kemenristek-Dikti akhir Agustus ini. Indikator sebagai perguruan tinggi terbaik ini didapat dari penilaian yang dilakukan oleh Kemenristek-Dikti.

Indikator-indikator yang digunakan dalam menilai kualitas perguruan tinggi ini antara lain: indikator kualitas sumber daya manusia, indikator kualitas kelembagaan, indikator kemahasiswaan dan indikator penelitian. Kemenristek-Dikti menggunakan indikator ini untuk melihat dan memetakan kualitas perguruan tinggi diseluruh Indonesia. STKIP Muhammadiyah Sorong sebagai perguruan tinggi kelompok universitas, institut, sekolah tinggi dan lainnya meraih nilai total penilaian 32,44. Skor ini merupakan nilai tertinggi di Tanah Papua dan mengalahkan 3 perguruan tinggi negeri di Papua. Universitas Negeri Papua (Unipa) mendapat nilai 31,28 (peringkat 2), Universitas Cendrawasih meraih nilai 30,13 (peringkat 3) dan Universitas Masamus Merauke mendapat nilai 23,93 (peingkat 14). Adapun Politeknik Saint Paul yang menjadi perguruan tinggi tebaik kelompok politeknik mendapat nilai 25,74.

STKIP Muhammadiyah Sorong berada di peringkat 296 nasional, Universitas Negeri Papua berada di peringkat 369, Universitas Cendrawasih berada di peringkat 442 sedangkan Universitas Masamus Merauke berada di peringkat 1001-1500 nasional. Menjadi perguruan tinggi terbaik ditanah Papua memberi kebanggaan dan tantangan tersendiri bagi keluarga besar STKIP Muhammadiyah Sorong. “Alhamdulillah, kami menjadi yang terbaik di Papua, ini semua berkat kegigihan dan kerja sama semua pihak.

Insya Allah kami akan terus meningkatkan mutu dan kualitas perguruan tinggi kami, mohon doa dan dukungannya, semoga kami bisa terus mencerdaskan anak-anak bangsa di Tanah Papua, ujar Rustamadji’, Ketua STKIP Muhammadiyah Sorong. [ds_sp/ja].

Mpm muhammadiyah, Universitas pendidikan muhammadiyah, Muhammadiyah, Stkipmuhsorong, Baa, Sangpencerah.id