18 November 2017

Ditjen Belmawa selenggarakan BIMTEK KPT 2017 di STKIP Muhammadiyah Sorong

Bimtek KPT oleh Tim Pengembang Kurikulum Belwama

STKIPMSorongNews | Dalam rangka peningkatan Kurikulum Pendidikan Tinggi (KPT) yang mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-Dikti) sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Ristek Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Permenristekdikti) Nomor 44 Tahun 2015, maka Direktorat Pembelajaran Ditjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan terus berupaya mendorong dan berkomitmen untuk meningkatkan tingkat pemahaman Dosen dalam merekontruksi kurikulum program studi di perguruan tinggi melalui Bimbingan Teknis.

STKIP Muhammadiyah Sorong yang sering dikenal sebagai kampus Biru dalam pengembangan Kurikulumnya pada tahun 2017 ini mendapat perhatian penuh oleh Direktorat Pembelajaran Ditjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti, secara teknis Ditjen Belmawa Kemenristekdikti mengutus beberapa tim pengembang Kurikulum Perguruan Tinggi untuk melaksanakan Bimbingan Teknis bagi para Dosen di STKIP Muhammadiyah Sorong.

Bimbingan Teknis Pengembangan Kurikulum Perguruan Tinggi Ditjen Pembelajaran dan Akademik Ditjem Belmawa Kemenristekdikti bagi dosen STKIP Muhammadiyah Sorong dilaksanakan pada tanggal 16-17 November 2017 di Meeting Room Kampus STKIP Muhammadiyah Sorong dan dibuka langsung oleh ketua STKIP Muhammadiyah Sorong, Drs. Rustamadji, M.Si. dan diikuti oleh 71 Dosen sebagai peserta Bimtek KPT.

Kasubdit Pembelajaran dan Akademik, Ditjen Belmawa Kemenristekdikti, drh. Sirin Wahyu Nugroho, dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan dari Bimtek KPT ini antara lain adalah untuk mengharmoniskan kurikulum antar program studi di STKIP Muhammadiyah Sorong, mengingat perguruan tinggi ini semakin pesat perkembangannya sehingga harus dikawal dan didukung demi tercapaianya mutu pendidikaan tinggi di kampus ini.

Tim pengembang Kurikulum Perguruan Tinggi (KPT) terdiri dari Prof. Dr. Hendrawan Soetanto dan Dr. Syamsul Arifin sebagai Narasumber, dan didampingi oleh Kasubdit (drh. Siring Wahyu Nugroho), Kasi Kurikulum Ditjen Pembelajaran dan Akademik, (Afriyudianto, M.P. dan Yulita priyoningsih, S.Sos). Luaran yang dicapai pada Bimtek KPT tersebut antara lain pembuata Rencana Pembelajaran Semester dan Capaian Pembelajaran yang standar yang telah disesuaikan dengan kondisi Pergurun tinggi dan program studi masing-masing. Bimtek KPT ditutup secara resmi oleh wakil Ketua I, Dr. Herningsih, M.M. dan diakhiri dengan pembagian sertifikat untuk para peserta. [ds].