06 November 2017

LP3M STKIP Muhammadiyah Sorong menjadi Duta Peneliti PT di Kawasan Timur Indonesia

Ketua LP3M STKI Muh Sorong Beserta Kasubdit DRPM Kemenristekdikti

STKIPMSorongNews | Bogor. Sejak masuknya Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LP3M) STKIP Muhammadiyah Sorong kedalam klaster Madya oleh Kemenristek Dikti pada tahun 2015 lalu, kiprah LP3M STKIP Muhammadiyah Sorong semakin dikenal oleh lembaga maupun instansi di seluruh Indonesia, karena semakin tinggi level yang dimiliki oleh Perguruan Tinggi maka semakin besar pula wewenang yang dipercayakan oleh Perguruan Tinggi. Maka pemerintahpun dalam hal Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat, Ditjen Penguatan Riset dan Pengembangan dari Kemenristek Dikti terus meningkatkan kapasitasnya melalui Lokakarya Peningkatan Kapasitas LPPM dalam Pengelolaan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat di Perguruan Tinggi.

STKIP Muhammadiyah Sorong menjadi Perguruan Tinggi satu-satunya se-kawasan Timur Indonesia yang diikutsertakan dalam kegiatan lokakarya tersebut. Kegiatan ini dilatarbelakangi masih banyak Perguruan Tinggi yang tidak memahami pengelolaan program penelitian desentralisasi, sehingga banyak PT yang dianggap belum siap untuk menerima tanggung jawab untuk mengelola dana baik penelitian maupun pengabdian pada Masyarakat.

Seperti disampaikan oleh Ketua LP3M STKIP Muhammadiyah Sorong, Anang Triyoso, M.Pd., yang mengikuti lokakarya tersebut, ketika dihubungi melalui sambungan telepon menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan yang dapat meningkatkan kinerja sekaligus meningkatkan kapasitas lembaga itu sendiri.

“…melalui kegiatan ini perguruan tinggi sangat beruntung, karena selain telah difaslisitasi selama kegiatan ini, perguruan tinggi juga dibekali cara pengelolaan dana penelitian yang akan diberikan oleh kemenristekdikti melalui program-program LP3M”, dan ternyata banyak juga PT yang tidak memahami pengelolaan program ini, terbukti dari jumlah PT pada period eke-3 penilaian kinerja sebanyak 160 PT, hanya 50% PT yang mampu meningkatkan kinerjanya”. Jelas Anang.

Kegiatan Lokakarya Peningkatan Kapasitas LPPM dalam Pengelolaan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat di Perguruan Tinggi dilaksanakan pada hari Sabtu, 4 November 2017 bertempat di Millenium Hotel – Bogor. Acara dibuka secara resmi oleh Dr. Ir. Mustangimah, M.Si. Kasubdit Peningkatan Kapasitas Riset DRPM Kemenristekdikti. Sedangkan tujuan dari kegiatan ini adalah: 1). Meningkatkan pemahaman kebijakan pengelolaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat; 2). Meningkatkan pengelolaan Penelitian dan Pengabdian pada masyarakat berdasarkan Buku Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat edisi XI; 3). Meningkatkan pemahaman pengelolaan dan pertanggung jawaban keuangan penelitian berdasarkan per dirjen perbendaharaan Kemenkeu; dan 4). Meningkatkan kemampuan Penggunaan simlitabmas. [ds].

Mpm muhammadiyah, Universitas pendidikan muhammadiyah, Baa