26 Oktober 2017

STKIP Muhammadiyah Sorong kembali Kukuhkan Gelar “S.Pd.”

Yudisium Sarjana Angkatan X Tahun Akademik 2016/2017

STKIPMSorongNews | STKIP Muhammadiyah Sorong kembali meluluskan sarjananya untuk tahun akademik 2016/2017, pengukuhan gelar sarjana tersebut dilakukan pada Yudisium Sarjana Semester Genap tahun akademik 2016/2017, Rabu, (25/10/2017) di Auditorium Kampus STKIP Muhammadiyah Sorong.

Kepala Biro Akademik, Doni Sudibyo, M.Pd., dalam sambutan singkatnya mengatakan bahwa, yudisium tahun ini sangat menggembirakan dan “berkesan”, namun pada tahap I ini baru 60 mahasiswa atau sekitar 35% mahasiswa yang telah diyudisium dari total mahasiswa pada angkatan ke-10 ini, dan sisanya akan dilakukan pada yudisium tahap II (tahap akhir).

“…saya sangat gembira dan sangat berkesan pada yudisium kali ini, karena anda semua yang berada di ruangan ini adalah termasuk mahasiswa-mahasiswa yang jenius, taat dan bersyukur tentunya”. Jelas Doni.

Pada kesempatan itu juga kepala Biro Akademik berpesan bahwa dengan telah dibacakan SK Yudisium dan dikukuhkan gelarnya oleh Ketua STKIP Muhammadiyah Sorong berarti mereka sudah syah untuk menggunakan gelar kesarjanaannya, sehingga beliau juga berpesan bahwa semoga semua mahasiswa yang telah lulus ini dapat mendedikasikan ilmunya untuk kepentingan umat dan juga diharapkan terus menjaga nama baik STKIP Muhammadiyah Sorong.

Ia juga menyebutkan, bahwa keberhasilan ini bukan hanya semata peran civitas akademika, namun ini merupakan hasil dari pada kerja sama semua pihak, baik orang tua, lembaga mitra dan instansi yang telah menerima mahasiswa untuk PPL, Magang, PKM serta lingkungan sekitar, ini menjadi faktor utama kesuksesan mereka. Ka. Biro Akademik juga memberikan apresiasi kepada semua program studi dan kepala-kepala biro, khususnya biro keuangan prodi yang telah meluluskan mahasiswa yang sudah optimal dalam memberikan pelayanan kepada mahasiswanya, sehingga bisa memberikan data yang cepat dan akurat, dan semoga hal ini terus ditingkatkan dan sehingga akan tercipta kata "profesional". 

Surat Keputusan Ketua STKIP Muhammadiyah Sorong tentang Penetapan Nama-nama mahasiswa yang berhak diyudisium dibacakan oleh Wakil Ketua I, Dr. Herningsih, M.M., dan lampiran keputusan dibacakan oleh masing-masing ketua program studi. Masing – masing ketua program studi tersebut adalah:

  1. Biologi : Istiqomah, M.Pd.
  2. Bahasa dan Sastra Indonesia: Abdul Hafid, M.Pd.
  3. Bahasa Inggris: Syams Kusumaningrum, M.Pd.I.
  4. Matematika: Henny Sri Astuti, M.Pd.
  5. PPKn : Rony Andre Pramita, M.Pd.
  6. PJKR: Hayudi, M.Pd., dan
  7. PGSD : Mursalim, M.Pd.

Masih ada 2 program studi lagi, namun pada tahun ini belum meluluskan mahasiswanya yaitu Prodi. Pendidikan Teknologi dan Informasi serta Pendidikan IPA.

Pengukuhan Gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd.) dilakukan oleh Ketua STKIP Muhammadiyah Sorong, Drs. H. Rustamadji, M.Si., saat pengukuhan beliau juga mengingatkan, kepada seluruh yudisia agar tidak puas dengan hasil yang telah diraih saat ini, bagi yang memiliki kemampuan dan kesempatan untuk terus melanjutkan studinya ke jenjang yang lebih tinggi yakni magister dan doctor dengan mengambil program studi yang sama atau linier, karena ke depan jika melanjutkan studinya namun tidak linier maka akan sangat sulit untuk meneruskan dan mengembangkan karirnya dan bahkan tidak dipakai.

Acara resmi yudisium tahap I tahun 2017 ini juga dihadiri oleh ketua LP3M dan LPM, kepala-kepala Biro, Ketua proram studi serta para dosen tetap STKIP Muhammadiyah Sorong. [ds].