28 September 2017

Prodi PGSD Laksanakan Magang di Daerah Terpencil

Mahasiswa PGSD STKIP Muh Sorong saat Penarikan Magang di Kampung Maralol

STKIPMSorongNews | Salah satu Mata Kuliah wajib di semester Akhir pada Porgram Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) STKIP Muhammadiyah Sorong adalah Magang III. Magang adalah salah satu mata kuliah praktik lapangan sebagai calon guru dan juga sebagai bentuk Pengabdian pada Masyarakat.

Sebanyak 5 (lima) mahasiswa Prodi PGSD telah melaksanakan Magang III di daerah Kampung Maralol Distrik Salawati Tengah Kabupaten Sorong, yaitu sebuah kampung yang memiliki 1 (satu) Sekolah Dasar namun sangat jarang melaksanakan proses belajar mengajar, hal ini terjadi karena guru yang bertugas di daerah tersebut sangat jarang datang ke sekolah, salah satu faktornya adalah jarak dan transportasi yang sulit dijangkau, akses menuju ke kampung tersebut harus melalui jalan darat dan harus menyebrang laut.

Menurut kepala kampung Maralol, Sekolah Dasar yang ada di kampung tersebut sangat jarang melakukan proses belajar, sehingga dengan adanya mahasiswa praktik lapangan ini sangat membantu anak-anak di kampung ini.

“Kami sangat senang dan memberikan penghargaan kepada mahasiswa STKIP Muhamadiyah Sorong ini, karena mereka sangat membantu sekolah yang ada di kampung ini, karena sekolah ini kadang belajarnya hanya senin dan kamis, malah kadang 1 bulan hanya 1 minggu mereka belajar”. Terang Kepala Kampung.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Magang III di Kampung Maralol, Fathurrahman, M.Pd., mengatakan bahwa Mahasiswa PGSD yang melaksanakan magang di Kampung ini selama 1 bulan penuh, dan selama melaksanakan praktik di sana, mereka sangat dihargai dan disambut oleh masyarakatnya, sehingga para mahasiswapun sangat senang melaksanakan magang di kampung tersebut. Selama magang mereka difasilitasi tempat tinggal dan transportasi yang bekerjasama dengan salah satu perusahaan yang dekat dengan kampung. Para siswa dan Masyarakat sangat kehilangan sosok seorang calon guru saat mahasiswa Magang harus ditarik kembali ke kampus STKIP Muhammadiyah Sorong, lantaran masa magang telah berakhir. Harapan masyarakat Kampung Maralol, semoga mahasiswa yang telah melaksanakan magang ini nanti ketika selesai kulah mereka mau mengabdi di sekolah ini lagi. (ds).

Baa, Muhammadiyah