24 September 2017

Ciptakan Inovasi Tiada Henti pada Prodi Matematika

Dr. Swasono Rahardjo, M.Si. (Asesor BAN-PT Prodi Matematika)

STKIPMSorongNews | (23/9/2017). Inovasi merupakan sebuah pembaharuan, suatu ide, gagasan, praktik atau obyek/benda yang disadari dan diterima sebagai suatu hal yang baru oleh seseorang atau kelompok untuk diadopsi. Inovasi pada dasarnya merupakan hasil pemikiran cemerlang yang bercirikan hal baru bisa berupa praktik-praktik tertentu ataupun berupa produk dari suatu hasil olah pikir dan olah teknologi yang diterapkan melalui tahapan tertentu, yang diyakini dan dimaksudkan untuk memecahkan persoalan yang timbul dan memperbaiki suatu keadaan tertentu ataupun proses tertentu yang terjadi di masyarakat.

Seperti halnya yang dikemukakan oleh salah satu Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Dr. Swasono Rahardjo, M.Si. saat visitasi program studi pendidikan Matematika STKIP Muhammadiyah Sorong, beliau menyampaikan bahwa sistem dan standar Program studi Pendidikan Matematika pada STKIP Muhammadiyah Sorong sudah sangat ideal, namun hal tersebut belum cukup sehingga masih sangat perlu untuk meningkatkan serta menciptakan inovasi pendidikan yang terus berkesinambungan sehingga animo peminat program studi pendidkan matematika semakin meningkat, walaupun kita semua tahu bahwa program studi matematika terkadang masih sangat ditakutki oleh para calon mahasiswa, namun dengan adanya inovasi yang menarik maka calon mahasiswa juga akan tertarik.

“ciptakan terus inovasi pendidikan di program studi pendidikan matematika, karena hal ini akan sangat meningkatkan animo calon mahasiswa baru kedepan”. Jelas Dr. Swasono.

Ketika disinggung mengenai inovasi apa yang kiranya sangat efektif untuk meningkatkan animo calon mahasiswa baru, beliau menjawab bahwa “kurikulum” karena kita tahu kurikulum merupakan ruh dari proses pendidikan, sehingga dalam penyusunan kurikulum ini tidak boleh kaku, buatlah kurikulum sesuai dengan kebutuhan di daerah masing-masing, tetapi harus tetap merujuk pada standar kurikulum nasional, sehinga mutu dan hasil pendidikanya bisa bersaing secara nasional maupun internasional.

Program studi pendidikan matematika STKIP Muhammadiyah sorong telah divisitasi oleh BAN-PT selama 2 hari sejak tanggal 22-23 September 2017, proses visitasi dihadiri oleh seluruh Pimpinan STKIP Muhammadiyah Sorong baik BPH, unsur Pimpinan, Ketua Program Studi, Dosen, mahasiswa dan juga stakeholder (pengguna) lulusan dari STKIP Muhammadiyah Sorong, dan terlihat juga alumni dari Program studi pendidikan Matematika STKIP Muhammadiyah Sorong. (ds).  

Muhammadiyah, Baa