22 September 2017

PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA DIVISITASI ASESOR BAN-PT

Asesor BAN-PT Program Studi Pend. Matematika

(Sorong, 22/9/2017).  Akreditasi merupakan penentuan standar mutu dan penilaian suatu lembaga pendidikan (pendidikan tinggi) oleh pihak di luar lembaga yang independen. Akreditasi juga diartikan sebuah upaya pemerintah untuk menstandarisasi dan menjamin mutu alumni perguruan tinggi sehingga kualitas lulusan antara perguruan tinggi tidak terlalu bervariasi dan sesuai kebutuhan kerja.

Pada pembukaan buku naskah akademik Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi, dijelaskan bahwa akreditasi merupakan proses evaluasi dan penilaian secara komprehensif atas komitmen perguruan tinggi terhadap mutu dan kapasitas penyelenggaraan Tridarma perguruan tinggi, untuk menentukan kelayakan program dan satuan pendidikan. Evaluasi dan penilaian dalam rangka akreditasi institusi dilakukan oleh team asesor yang terdiri atas pakar yang memahami hakikat pengelolaan perguruan tinggi. Akreditasi Perguruan Tinggi terbagi atas 2 jenis, yaitu Akreditasi Institusi untuk lembaganya dan Akreditasi Program Studi. 

STKIP Muhammadiyah Sorong secara institusi telah mendapatkan Nilai Akreditas Peringkat "B", yang merupakan satu-satu Perguruan Tinggi satu-satunya di Provinsi Papua Barat yang mendapat peringkat B.

Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Muhammadiyah Sorong kedatangangan 2 Asesor dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yaitu Prof. Dr. Agus Suryanto, M.Sc. dan Dr. Swasono Rahardjo, M.Si. Kedatangan kedua asesor BAN-PT tersebut adalah atas dasar undangan dari Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Muhammadiyah Sorong melalui Borang Akreditasi BAN-PT. 

Seperti disampaikan oleh Ketua Program Studi Pendidikan Matematika Henny Sri Astutik, M.Pd., bahwa "Alhamdulillah kami telah kedatangan 2 asesor dari BAN-PT, kedatangan beliau atas dasar undangan kami yang melalui Borang Akreditasi yang telah kami kirimkan ke BAN-PT 2 bulan yang lalu, semoga hasil visitasi ini mendapatkan hasil yang maksimal".

Visitasi program studi Pendidikan Matematika STKIP Muhammadiyah Sorong ini akan dilaksanakan selama 2 hari sejak tanggal 22-23 September 2017. (ds)

Baa