16 September 2017

LP3M: Ciptakan Atmosfir Penelitian di Kampus Biru.

Monev Internal LP3M STKIP Muhammadiyah Sorong

(Sorong, 16/9/2017). Menindaklanjuti Surat Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat, Direktorat Jenderal Penguatan Riset Dan Pengembangan, Kementerian Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi Nomor : 3455/E3.2/LT/2017 tanggal 31  Agustus 2017 tentang Pelaksanaan Monev Internal Penelitian DRPM Tahun 201, maka Lembaga Pengembangan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) STKIP Muhammadiyah Sorong telah melaksanakan program Monitoring dan Evaluasi Internal (Monev In) Penelitian Dosen Pemula yang didanai oleh Kemenristek Ditki melalui Kopertis Wilayah XIV Tahun 2017 di meeting room Kampus STKIP Muhammadiyah Sorong pada tanggal 15 September 2017.

Anang Triyoso, M.Pd., Ketua LP3M STKIP Muhammadiyah Sorong saat ditemui di sela-sela Kegiatan tersebut beliau menyampaikan bahwa tujuan Monev ini adalah “untuk memantau sejauh mana progres dari masing-masing peneliti Dosen Pemula, kemudian juga untuk melihat bagaimana rencana tindak lanjut kedepan hingga sampai di pelaporan akhir dari Penelitian ini hingga target akhir bulan Oktober 2017, dan juga bertujuan untuk menyamakan persepsi dari masing-masing peneliti terhadap roadmap Penelitian STKIP Muhammadiyah Sorong” jelas Pak Anang.

Selain dari tujuan monev in di atas, secara umum monev ini juga sebagai pemicu bagi para dosen lain untuk senantiasa menciptakan budaya atau atmosfir penelitian di lingkungan STKIP Muhammadiyah Sorong, sehingga hal ini harus didukung oleh segenap sivitas akademika STKIP Muhammadiyah sorong, apalagi bagi seorang dosen selain mengajar mereka juga masih mempunyai tugas tri darma lain yaitu melalukan penelitian dan pengabdian pada masyarakat dan hal ini juga sebagai bentuk “lampiran” LP3M STKIP Muhammadiyah Sorong yang saat ini telah mencapai pada klaster penelitian tingkat Madya.

Tahun 2017 ini di STKIP Muhamadiyah Sorong ada 8 (delapan) dosen peniti yang telah didanai oleh ristekdikti. Program Penelitian Dosen Pemula ini telah dilakukan 2 (dua) kali monev in dan akan dilaksanakan monev berikutnya, pada monev internal berikutnya akan melibatkan dari unsur sivitas akademika, yaitu Lembaga penjaminan mutu, Dosen, dan juga mahasiswa. terkait dengan capaian program PDP (Penelitian Dosen Pemula) ini secara umum telah mencapai 70%, sehingga target 100% pada akhir Oktober 2017 optimis akan tercapai.

Kemudian Saat disinggung mengenai hasil kinerja Pengabdian pada masyarakat yang diselenggarkan oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat, Direktorat Jenderal Penguatan Riset Dan Pengembangan, Kementerian Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi melalui Sistem Informasi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (Simlitabmas), Ketua LP3M STKIP Muhammadiyah Sorong menyampaikan bahwa saat ini STKIP Muhammadiyah Sorong telah melengkapi serta mengunggah seluruh persyaratan yang telah ditetpakan, namun masih menunggu hasil pengumuman, mengenai hasil yang jelas tugas kita adalah memaksimalkan ikhtiar, karena hasil tidak akan mengingkari usaha. (ds).