01 September 2017

Tidak Ada Alasan Lagi untuk Kita Tidak Bisa Berkurban

Drs. Rustamadji, M.Si., saat Khotbah Idul Adha 1438 H / 2017 M

(Sorong, 1/9/2017). Allohu Akbar…Allohu Akbar wa lillahil hamTaqoballahu minna wa minkum. Seluruh Sivitas Akademika STKIP Muhammadiyah Sorong melaksanakan Sholat Idul Adha 1438 H/2017 M di Lapangan Tenis Kampus STKIP Muhammadiyah Sorong. pada tahun ini yang bertindak sebagai Imam adalah Sdr. Harun Al Rasyid, beliau adalah mahasiswa STKIP Muhammadiyah Sorong yang sekaligus mahasiswa Mahad Bilal bin Rabah STKIP Muhamamdiyah Sorong, sedangkan yang bertindak sebagai Khotib adalah Ust. Drs. Rustamadji, M.Si., beliau adalah Ketua STKIP Muhammadiyah Sorong dan juga adalah Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Sorong.

Dalam khutbahnya Ketua STKIP Muhammadiyah Sorong menyampaikan bahwa, saat ini sudah tidak ada lagi alasan untuk kita tidak bisa Naik Haji apalagi berkurban, karena perintah serta undangan untuk kita berhaji dan berkurban itu sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu, namun banyak diantara kita yang merasa belum diundang dan belum niat. Arti niat sesunguhnya adalah sebuah gerakan dari hati untuk kita melakukan perbuatan nyata, jika kita baru niat dalam hati namun tidak dilanjutkan dengan gerakan maka itu sesungguhnya belum berniat. QS. Ali-‘Imran ayat 104 yang juga sebagai dasar berdirinya Organisasi Persyarikatan Muhammadiyah itu sudah sangat jelas,  “Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma'ruf dan mencegah dari yang munkar; merekalah orang-orang yang beruntung”. Saat ini banyak kelompok-kelompok haji, kelompok kurban, sehingga tidak ada alasan lagi untuk kita tidak bisa berhaji dan berkurban, karena sholat id kita dan khutbah khotib akan tidak ada artinya apa-apa jika jika kita tahun depan tidak berkurban.

Sebagai informasi bahwa tahun ini jumlah hewan kurban yang dipotong dari Warga Muhammadiyah Kabupaten Sorong sebanyak 70 ekor, dan khusus dosen dan sivitas akademika STKIP Muhamadiyah Sorong sebanyak 10 ekor. (ds).