09 Agustus 2017

STKIP Muhammadiyah Sorong Dukung Pengembangan PAUD-HI

Lokakarya Pengembangan PAUD-HI

(Sorong, 7.8.2017) Sebagai program lanjutan program kemitraan antara STKIP Muhammadiyah Sorong - Dinas Pendidikan dan Unicef, yaitu sebuah program untuk memimplementasikan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 60 Tahun Tahun 2013 tentang Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif, Nugroho I. Warman spesialis PAUD-HI Unicef Jakarta menjelaskan bahwa Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif adalah upaya pengembangan anak usia dini yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan esensial anak yang beragam dan saling terkait secara simultan, sistematis, dan terintegrasi. Layanan stimulasi holistik mencakup layanan pendidikan, kesehatan, gizi, perawatan, pengasuhan, perlindungan dan kesejahteraan menjadi kebijakan pengembangan anak usia dini dengan melibatkan pihak terkait baik instansi pemerintah, organisasi kemasyarakatan, organisasi profesi, tokoh masyarakat, dan orang tua. Untuk menjamin pemenuhan hak tumbuh kembang anak usia dini, diperlukan upaya peningkatan kesehatan, gizi, perawatan, pengasuhan, perlindungan, kesejahteraan dan rangsangan pendidikan yang dilakukan secara simultan, sistematis, menyeluruh, terintegrasi dan berkesinambungan, satuan PAUD memiliki peranan yang sangat strategis dalam upaya pemenuhan kebutuhan anak tersebut melalui kerjasama lintas sektor dengan sektor-sektor terkait.

sementara itu Plh. Bupati Sorong, Ir. Muhammmad Said Noer, M.Si., mengatakan bahwa Sebagai bentuk nyata untuk mendukung program pemenuhan hak anak untuk tumbuh dan berkembang secara baik (UUD 1945/Konvensi Hak Anak) serta sebagai upaya untuk mengoptimalkan masa emas perkembangan anak dan juga tentunya untuk meningkatkan kesiapan anak bersekolah, maka Pemerintah Daerah Kabupaten Sorong dalam hal ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sorong bekerjasama dengan STKIP Muhammadiyah Sorong yang didukung oleh Bank BCA melalui Unicef telah membentuk tim Gugus Pelaksana Tugas untuk mengembangkan Anak Usia Dini Holistik Integratif di kabupaten Sorong.

Menurut Doni Sudibyo dalam hal ini sebagai koordinator program PAUD-HI (Per_service HI-ECD) Program kemitraan STKIP Muhammadiyah Sorong dengan Unicef, pada tahun 2017 ini ada 20 PAUD target yang akan dijadikan Pilot project, yaitu 10 PAUD di Kabupaten Sorong dan 10 PAUD di Kabupaten Raja Ampat. (ds).