21 Mei 2017

Sambut Ramadhan, KSR STKIP Muh Sorong Berdonor Darah

kegiatan donor darah, KSR-STKIP Muh Sorong

Sorong, 19/5/2017. Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1438 H / 2017 M ini Korps Surakera (KSR) STKIP Muhammadiyah Sorong bekerja sama dengan Rumah Sakit Daerah Sorong Sele Besolu gelar Donor Darah yang dilaksanakan di Klinik Ibnu Sina Kampus STKIP Muhammadiyah Sorong Jumat kemarin (red), dengan mengundang instansi dan masyarakat umum dengan tema kegiatan "Setetes Darahmu selamatkan sejuta umat".  Menurut Ketua KSR STKIP Muhammadiyah Sorong, Khusnul Khotimah, tujuan dari kegiatan donor darah ini adalah untuk melatih kita khususnya para mahasiswa untuk bisa berbagi serta membersihkan sekaligus menyehatkan jiwa kita. "Tujuan secara umum kegiatan ini merupakan salah satu program kerja yang dilaksanakan setiap tahun, apalagi sebentar lagi kita akan memasuki bulan ramadhan 1438 H, jadi ini merupakan moment yang sangat bagus untuk kita" tambah Khusnul.

Sementara itu Kepala Biro Kemahasiswaan Bapak Sirojjuddin, M.Pd., sangat memberikan apresiasi yang sangat tinggi bagi KSR ini, karena ini merupakan langkah yang sangat hebat apalagi mereka sudah mampu menggandeng instansi untuk melaksanakan program ini. "ini merupakan sebuah program yang sangat luar biasa yah, karena ini juga merupkan sebuah pengabdian pada masyarakat, jadi secara lembaga kami sangat mendukung ini, kami harapkan kedepan bisa melaksanakan program yang lebih besar lagi yang tentunya dengan melibatkan lembaga/instansi luas lagi" tambah pak Siroj.

Manfaat dari donor darah salah satunya adalah untuk membantu memperlancar aliran darah hingga mencegah penyumbatan arteri. Satu penelitian menunjukkan bahwa rajin mendonorkan darah mampu menurunkan risiko serangan jantung hingga 88%. Dan menurut seorang dokter, mendonorkan darah membuat kita jarang sakit dan terhindari dari kanker, stroke, dan serangan jantung. Rutin menjalankan donor darah membuat kadar zat besi dalam darah menjadi stabil. Kadar zat besi dalam darah yang tinggi dapat membuat kita rentan terkena penyakit jantung. seperti dikemukan oleh salah satu pendonor darah dari anggota TNI, Pelda Tugimin yang bertugas di Posramil Distrik Aimas yang ikut serta kegiatan ini, "saya sangat senang untuk donor ini karena selain bisa berbagi donor ini menyehat apalagi bisa menurunkan resiko seranga jantung, saya sudah hampir 10x berdonor, namun kadang karena saya sering bergadang sehingga ketika ditensi sering HB nya rendah karena tugas, jadi terkadang tidak bisa donor". 

Korps Sukarela ini adalah suatu kesatuan unit PMI yang menjadi wadah bagi perseorangan atau lembaga yang atas kesadaran sendiri menyatakan menjadi anggota dalam melaksanakan tugas-tugas kemanusiaan. KSR STKIP Muhammadiyah Sorong berdiri sejak tahun 2012 yang sudah mempunyai anggota lebih dari 100 serta telah berperan di berbagai kegiatan kemanusiaan baik secara regional, nasional maupun internasional. (ds).

Muhammadiyah, Stkipmuhsorong, Baa