14 November 2016

Kemristek Dikti: Tingkatkan Pengelolaan Sistem Akademik PTS

(Biak,14/11/2016). Kementerian Riset Teknologi dan Perguruan Tinggi (Kemristek Dikti) RI melalui Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah XIV Papua dan Papua Barat mencoba meningkatkan Pelayanan Akademik kepada seluruh sivitas akademik Perguruan Tinggi Swasta se-Papua dan Papua Barat dengan Nama kegiatan “Pelatihan Pengelolaan Administrasi Akademik bagi Perguruan Tinggi Swasta di Lingkungan Kopertis Wilayah XIV Papua dan Papua Barat Tahun 2016” yang dilaksanakan pada tanggal 14-15 November 2016 di Asana Hotel-Biak Numfor, Papua.

Pelatihan tersebut dibuka secara resmi oleh Kopertis Wilayah XIV yang diwakili oleh Kepala Bagian Akademik Kopertis Wilayah XIV, Bapak Agung Mare, M.Pd., dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah kegiatan Kemristek Dikti yang diselenggarakan oleh Kopertis XIV dengan tujuan untuk meningkatkan dan memaksimalkan sistem pelayanan akademik di masing-masing PTS.

STKIP Muhammadiyah Sorong mengutus Kepala Biro Adm. Akademik, Bapak Doni Sudibyo, M.Pd., untuk ikut mengambil bagian dalam kegiatan tersebut. “Kegiatan tersebut sebenarnya untuk meng-upgrade sistem akademik yang sudah ada pada masing-masing PTS, karena saya yakin bahwa masing-masing PTS mempunyai kebijakan pelayanan yang telah diberlakukan, namun hal ini hanya untuk menyatukan apakah kebijakan-kebijakan tersebut telah sesuai dengan norma-norma atau standar yang telah berlaku di kemristek dikti” jelas Ka. BAA.

Pelatihan Kemampuan Pengelolaan Administrasi Akademik ini diikuti oleh 65 peserta dari PTS se-Papua dan Papua Barat dengan narasumber Koordinator Kopertis Wilayah XIV, Universitas Cenderawasih dan Universitas Saint dan Teknologi Jayapura, adapun alasan kenapa para narasumber tersebut diambil dari lokal karena kopertis mencoba memberdayakan narasumber perguruan tinggi lokal yang notabene mereka paham tentang kondisi yang ada.

Adapun materi-materi yang disampaikan adalah:

  1. Peraturan Akdemik dan Program Studi di Perguruan Tinggi
  2. Proses Registrasi dan Pendaftaran
  3. Sistem Pengarsipan
  4. Aplikasi Sistem Akademik, dan
  5. Presentasi Hasil Pelatihan

Harapan Kopertis Wilayah XIV dengan ada kegiatan ini adalah semoga setelah kembali dari kegiatan ini bisa menerapkan dan memaksimalkan pelayanan akademiknya di masing-masing PTS dan yang paling penting adalah untuk meningkatkan predikat akreditasi di masing-masing PTS. (ds).

Stkipmuhsorong, Kemristekdikti