31 Oktober 2016

Mahasiswa STKIP Muh Sorong Kenali dan Cegah Penyakit Kaki Gajah

Pembagian Obat Penyakit Kaki Gajah

(Sorong, 31.10.2016) Bertempat di Auditorium Lantai III Gedung Ahmad Dahlan Kampus STKIP Muhammadiyah Sorong ribuan mahasiswa dari berbagai program studi mendapatkan sosialisasi sekaligus mendapatkan obat Penyakit Kaki Gajah atau Filariasis secara percuma dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sorong. Penyakit Gajah (Filariasis) adalah penyakit infeksi yang bersifat menahun. Penyakit ini disebabkan oleh cacing filarial dan ditularkan oleh nyamuk. Cacing itu berada di saluran getah benih, terutama di daerah pangkal paha dan ketiak serta saluran getah bening besar lainnya. Saluran getah bening tersebut dapat mengalami keurasakan dan timnul peradangan.

Penanggung Jawab Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) wilayah Aimas Kabupaten Sorong Bapak Mohamad Sukri K. menyampaikan bahwa secara umum Indonesia telah menetapkan Eliminasi Penyakit Kaki Gajah ini sebagai salah satu prioritas nasional pengendalian penyakit menular tahun 2016 ini, dengan menerapkan dua strategi utama yaitu memutuskan rantai penyakit dengan program pemberian obat pencegahan Massal (POPM) dan membatasi kecacatan dengan melaksanakan progam penatalaksanaan Penderita penyakit Kaki Gajah.

Mahasiswa STKIP Muhammadiyah Sorong sangat antusias dengan kegiatan ini, terbukti banyak sekali pertanyaan yang muncul dari mahasiswa terkait dengan bahaya jenis penyakit ini, apalagi diakhir kegiatan ini semua mahasiswa mendapatkan obat pencegahan penyakit Kaki Gajah secara percuma. (ds).

Baa, Stkipmuhsorong