13 Oktober 2016

STKIP Muhammadiyah Sorong Lepas Mahasiswa PERMATA

Mahasiswa Pertama STKIP Muhammadiyah Sorong

Sorong, 4/10/2016. Ketua Sekolah Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Sorong dalam hal ini diwakili oleh Kepala Biro Akademik, Doni Sudibyo, M.Pd., secara resmi telah melepas 2 (dua) mahasiswa terbaiknya untuk mengikuti Program Pertukaran Mahasiswa Tanah Air Nusantara (PERMATA) Tahun 2016.

Kedua mahasiswa tersebut adalah: 1. Melky Dimara (Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi-S1); 2. Andrika Rizal (Program Studi Pendidikan Matematika-S1) yang kesemuanya adalah mahasiswa aktif dan saat ini sedang menempuh kuliah pada semester V. Dalam acara pelapasan tersebut Kepala Biro Akademik didampingi oleh Kepala Biro Kemahasiswaan, Sirojjuddin, M.Pd., dan juga dihadiri oleh para mahasiswa dari berbagai program studi untuk memberikan semangat kepada Andrika dan Melky (nama akrab kedua mahasiswa tersebut).  

Sementara itu Ketua STKIP Muhammadiyah Sorong, Drs. H. Rustamadji, M.Si., pada saat itu sedang melaksanakan tugas di luar daerah, sehingga beliau hanya mengirim pesan melalui e_mail pribadinya, dan pesan tersebut dibacakan langsung oleh Kepala Biro Akademik, adapun ini pesannya sebagai berikut:

  1. Bersyukurlah karena saudara terpilih menjadi mahasiswa Hijrah Medan, 2 diantara sekian ribu mahasiswa di Sorong raya
  2. Setiap kegiatan pakailah baju almamater, dan pastikan anda di garda depan, serta aktif bertanya
  3. Jadilah bintang yang cemerlang, keluar kan potensi lokal maupun nasionalmu
  4. Anda senantiasa siap bagai gelas kosong, untuk menerima hal2 baru yang akan dibawa di sorong
  5. Oleh2mu adalah ide2 baru yang anda akan terapkan di kampus
  6. Anda akan mengalami semua kegiatan yg menyenangkan, sehingga saat berpisah anda akan menyampaikan suka suka,.....bukan suka duka,.....
  7. Melky, keluarkan yel2 Papuamu, pimpin mereka, lalu salto di depan mereka
  8. Andrika keluarkan kemampuan IT mu, dan manajemen IMM, buktikan sorong unggul
  9. Anda di Medan selalu ingat bahwa anda duta STKIP Muhammadiyah Sorong, sehingga selalu menyebut nama itu di setiap aktivitas bersama, dan jagalah nama almamatermu
  10. Selamat anda telah menjadikan hari ini adalah luar biasa,...dan akan dilanjutkan hari2 berikutnya yg luar biasa pula.
  11. Sampaikan salam hangat saya kepada semua sivitas akademika di kampus tujuanmu,.....

PERTAMA sendiri merupakan sebuah program dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) RI dan untuk Perguruan Tinggi Swasta (PTS) ditangani oleh Kopertis Wilayah XIV untuk wilayah Papua dan Papua Barat. Program PERMATA ini dilaksanakan dengan sistem Transfer sks, sehingga dilaksanakan dalam satu semester penuh sesuai kalender akademik yang ditetapkan oleh Program Studi/Perguruan Tinggi Penerima, jumlah sks yang dapat diambil dan diakui dalam satu semester untuk program sarjana sebanyak-banyaknya 16 sks.

Secara umum tujuan dari Program PERMATA tersebut adalah:

  • Meningkatkan wawasan kebangsaan mahasiswa melalui pertukaran mahasiswa PT se Indonesia
  • Meningkatkan integritas, solidaritas, dan perekat kebangsaan antar-mahasiswa se- Indonesia.
  • Mempersiapkan pemimpin bangsa yang memiliki karakter nasional yang berwawasan kebangsaaan NKRI.
  • Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk merasakan dan memanfaatkan fasilitas pendidikan dan suasana akademik di PT tujuan.
  • Memperkecil kesenjangan mutu pendidikan antar PT se Indonesia

 

STKIP Muhammadiyah Sorong adalah satu-satunya PTS se Sorong raya yang mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan program PERMATA ini, ini membuktikan bahwa STKIP Muhammadiyah Sorong telah diakuai keberadaanya, statusnya dan juga kualitasnya.

Untuk tahun 2016 ini ke dua mahasiswa STKIP Muhammadiyah Sorong mendapat Perguruan Tinggi sebagai tempat perkuran program yaitu di Universitas Pemberdayaan Masyarakat Indonesia di Medan (Melky) dan di Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara di Medan (Andrika). Saat keberangkatanya mereka diantar langsung beberapa sivitas akademika STKIP Muhammadiyah Sorong dan didampingi langsung oleh Ibu Wakil Ketua I, Dr. Herningsih, M.M.  sampai ke Airpot DEO Sorong. Selama mereka melaksanakan program ini semua biaya akademik maupun living cost ditanggung oleh Kemristekdikti. (ds)

Stkipmuhsorong, Kemristekdikti, Baa, Permata