05 Agustus 2015

Dengan Tambahan 7 Kampus Baru di 2015, Muhammadiyah Punya 177 Perguruan Tinggi

Detik News 05/08 – Gerakan pendidikan Muhammadiyah sudah dikenal lama memberikan kontribusi besar bagi Indonesia, mulai dari pendidikan usia dini hingga perguruan tinggi. Hingga tahun 2015, Muhammadiyah memiliki total 177 kampus se-Indonesia.

Dalam laporan Majelis Pendidikan Tinggi Pimpinan Pusat Muhammadiyah dalam sidang Muktamar, seperti dikutip detikcom Selasa (4/8/2015), di awal tahun 2015 Muhammadiyah membangun 7 perguruan tinggi Muhammadiyah baru.

Yaitu:

1. Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya,

2. STIKES Muhammadiyah Bojonegoro,

3. STKIP Muhammadiyah Kalabahi,

4. STKIP Muhammadiyah Muara Bango Jambi,

5. STEBIS Muhammadiyah Sumedang,

6. STIS Muhammadiyah Pringingsewu, dan

7. Institut Bisnis Muhammadiyah Bekasi.

Dalam laporan itu disampaikan juga daftar perguruan tinggi Muhammadiyah yang sudah mendapat akreditasi. Yaitu akreditasi A: Universitas Muhammadiyah Malang dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Kampus yang mendapat akreditasi B adalah Universitas Muhammadiyah Surakarta, Universitas Muhammadiyah Palembang, UHAMKA, Universitas Muhammadiyah Makassar, STIKES Muhammadiyah Palembang, dan STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta.

“Dua hal tersebut menjadi salah satu indikasi bahwa selain peningkatan jumlah perguruan tinggi Muhammadiyah, juga mengalami peningkatan kualitas,” papar laporan Majelis Dikti Muhammadiyah itu.

Majelis Dikti memberi perhatian pada perguruan tinggi Muhammadiyah di kawasan Indonesia timur: UM Maluku Utara, STKIP Muhammadiyah Sorong, Universitas Muhammadiyah Sorong, STIKOM Jayapura, Universitas Muhammadiyah Kupang, STKIP Muhammadiyah KalabahiAlor, IKIP Muhammadiyah Maumere, STIKES Muhammadiyah Manado.

“Majelis Dikti melihat eksistensi PTM di wilayah tersebut merupakan suatu aspirasi masyarakat terhadap perguruan tinggi Muhammadiyah,” bunyi laporan itu.

Berikut daftar perguruan tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah hingga tahun 2015:

1. Universitas: 41 kampus
2. Institut: 2 kampus
3. Sekolah Tinggi: 99 kampus
4. Akademi: 20 kampus
5. Politeknik: 4 kampus
6. PT Aisyiyah: 11 kampus

Jumlah total sebanyak 177 kampus pada periode Muhammadiyah 2010- 2015. Jumlah itu bertambah sebanyak 99 kampus sejak tahun 1990 sebagai upaya gerakan dakwah dan pendidikan Muhammadiyah.

Muhammadiyah, umm