10 Maret 2015

Bupati Sorong Jajaki Kerja Sama dengan UMS

SOLO – Bupati Sorong, Papua Barat  Dr Stepanus Malak MSi menjajaki kerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Dia mengungkapkan niatnya itu setelah didaulat sebagai narasumber pada seminar ”Pengembangan SDM dalam Masyarakat Multikultural” di UMS, kemarin.

”Iya, kita sedang menjajaki dan melihat potensi yang ada,” papar dia didampingi Rektor UMS Prof Dr Bambang Setiaji, Rektor STKIP Muhammadiyah Sorong, Rustam Aji, serta Ketua MUI Sorong, KH Anderson Meage, di ruang rektorat.

Menurut Stepanus, kondisi pendidikan di Jawa, relatif lebih baik dibanding Papua. Karena itu, dia berencana mempercepat pembangunan di Bumi Cendrawasih, khususnya di bidang pendidikan dengan menggandeng lembaga perguruan tinggi yang maju.

”UMS merupakan salah satu yang kami pilih untuk tindak lanjut kerja sama ini,” jelas pemilik gelar Raden Mas Tumenggung Mulyodipuro dari Karaton Surakarta itu.

Karena itu, dia sengaja datang ke Solo dengan tujuan mencari peluang yang bisa dikerjasamakan dengan UMS untuk memajukan Kabupaten Sorong. ”Jangan dilihat Sorong di masa silam, kondisinya kini sudah semakin baik,” katanya lagi.

Bersikap Terbuka

Bahkan, soal keamanan bisa dibilang sangat kondusif, kini banyak mal dan supermarket besar yang membuka cabang di Papua.

Soal gangguan keamanan, Rustam Aji dan KH Anderson Meage, menyatakan keduanya menjamin tidak ada lagi yang perlu dikhawatirkan.

Bahkan, saking amannya, banyak kendaraan bermotor di Sorong, yang dibiarkan begitu saja oleh pemiliknya di pelataran rumah.

Begitu pula hewan ternak, banyak yang tidak dikandangkan. Jumlahnya ratusan, tapi tidak pernah ada laporan pencurian. ”Orang Papua itu sangat jujur,” kata Rustam Aji.

Sementara itu, Rektor UMS, Bambang Setiaji mengungkapkan pihaknya menjalin kerja sama dengan STKIP Muhammadiyah Sorong, beberapa waktu lalu, tentang pengembangan dosen.

Karena itu, pihaknya bersikap terbuka, jika Bupati Sorong juga ingin menggandeng UMS. ”Silakan, kita siap membuat MoU dengan Kabupaten Sorong. SDM kita sangat memadai,” paparnya. (san-76)

Stefanus malak, Ustadz anderson meage, Mui kab sorong